BAGAIMANA BILA DIA LEBIH CERDAS DIBANDING SAYA?

BAGAIMANA BILA DIA LEBIH CERDAS DIBANDING SAYA?

Kemarin malam, salah satu mantan mahasiswa saya mengirim pesan manis. Dia akan menikah seusai Ramadhan. Ingin mengundang saya, tapi calon istrinya ada di Bengkulu. Jadi dia cuman kasi kabar bahagia ini saja. Karena dia tau, kemungkinan besar saya tak bisa hadir dalam pernikahannya. Dan pesan terakhirnya adalah berupa pertanyaan.

“Pak, calon saya pinter banget. S2 lho. Saya cuman S1. Diskusi dengan dia kadang bikin saya jiper. Jawaban saya harus logis untuk logika dia. Kalau gak masuk di logika dia, dia bakal mempertanyakan jawaban saya terus. Diskusi dengan dia, kadang kayak sidang skripsi. Deg-degan terus. Saya kan gak mungkin seumur hidup sidang skripsi. So, what should I do Pak?”

Pertama-tama, ucapkan Alhamdulillah. Karena cewek smart pasti punya alasan kuat untuk memilih calon suaminya. Dan alasan itu pastinya bukan alasan cemen, kayak “cinta kadang gak butuh jawaban”. Prettt! Atau, “Mmmm….gimana ya….aku cuman bisa ngerasa aja kalau he’s the one”. Prett lagi! No! Jawaban cewek smart pasti beyond that!!

Bisa jadi alasan dari cewek smart ini adalah “Calon suamiku punya potensi yang luar biasa di bidang kuliner. Yang kalau dia kembangin dia akan jadi luar biasa. Aku ingin jadi bagian proses itu”. Atau “Aku bangga calon suamiku tau passion-nya dan berani hidup dalam passion-nya”. Keren kan?

Punya istri cerdas itu asyik. Karena semua ucapan dan tindakan kita bakal terukur. Kita gak bisa ngawur bikin keputusan. Impulse decision akan semakin minim. Dia akan kasi banyak bahan pertimbangan sebelum kita buat keputusan. Dan ada penelitian yang bilang, kecerdasan anak tergantung kecerdasan ibunya. Siapa sih cowok yang gak pengen punya anak cerdas?

Yup! Dia akan jadi lawan debat yang tangguh. Sekaligus teman diskusi yang asyik. Apalagi kalau dia paham agama. Dia mungkin akan mempertanyakan argumentasi kita saat diskusi atau debat. Tapi saat ada permasalahan yang butuh dalil agama yang shahih, dan kita sampaikan dalil itu ke dia, dia akan sami’na wa atha’na. Saya dengarkan dan saya patuhi.

Intinya, jadi cowok itu harus terus belajar. Belajar untuk mengembangkan diri. Bukan untuk nyaingin pasangannya. Biar jadi lawan debat yang tangguh. Biar jadi teman diskusi yang asyik. Biar bisa jadi kebanggaan pasangannya.

How?

Oleh: Syafril Riza (@syafrilriza)

1 Response to "BAGAIMANA BILA DIA LEBIH CERDAS DIBANDING SAYA?"

  1. Sama om, saya juga pernah ngalamin gitu, dikenalin cewe wat nikah, ceweknya mau ama ane, tapi ane minder, Dia S1, mau ke S2.., lah ane cuma D3... rrrr... :D

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel